Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 16, 2020

SENTUHLAH DIA

"Sentuhlah dia tepat dihatinya,dia kan jadi milikmu selamanya, sentuh dengan sepenuh jiwa, buat hatinya terbang melayang… ." Sepenggal bait lagu yang dinyanyikan Penyanyi kondang era 90,seolah mengingatkan saya. Mengingatkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran bersama dia yang disebut siswa haruslah dengan sepenuh jiwa.  Pemikiran ini bukan hanya teori belaka. Karena saya pernah membuktikannya. Sampai sekarang.  Peristiwa kecil yang menjadi bukti hal tersebut, misalnya  saat pembelajaran saya memanggil nama siswa dengan benar. Artinya saya tahu si A yang saya panggil duduk disebelah mana, dan pandangan saya mengarah padanya. Hanya perlakuan kecil saya pada si A yang menunjukkan bahwa saya peduli dan mengenalnya memberikan umpan balik yang luar biasa. Setelah kejadian itu saya perhatikan  si A mulai antusias dalam pembelajaran, mulai berani bertanya saat menemukan kesulitan dan bersemangat.  Itu membuktikan sentuhan saya dalam bentuk mengingat nama...

PERJALANAN PTK PROBLEM POSING BAGIAN 3

Dalam kehidupan ada banyak jenis solusi dalam satu permasalahan. Misalnya saat kita lapar maka solusinya akan beragam. Tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan solusi tersebut dipengaruhi oleh banyak hal. Antara lain kebiasaan. Jika kita biasa makan nasi maka ketika lapar kita akan mengambil nasi sebagai solusi permasalahan. Namun jika kita terbiasa makan roti maka mengkonsumsi roti adalah solusi saat kita lapar.   Dalam model problem posing ada tiga jenis situasi problem posing antara lain: 1.Situasi problem posing bebas,  Dalam situasi ini siswa diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengajukan soal sesuai dengan apa yang dikehendaki .  Siswa dapat menggunakan fenomena dalam kehidupan sehari-hari sebagai acuan untuk mengajukan soal.  2.Situasi problem posing semi terstruktur dalam situasi ini siswa diberikan situasi/informasi terbuka. Kemudian siswa diminta untuk mengajukan soal dengan mengkaitkan informasi itu dengan penget...

TERBUAI MANTRA

Asih memoles pelan wajah cantik nya dengan bedak pemberian paklik Ayid. Sambil mulutnya merapal mantera andalannya.  "Niatku memakai bedak, dibawakan bidadari dari kayangan, bedakku bedak cenera, wajahku putih bagai sinar rembulan, mataku bagai kerlip gemintang, pipiku ranum berseri, senyumku menawan hati, makbul doaku berkat bedak ganda rupa amaning. " Selesai sudah batin asih sambil mematut penampilannya di depan cermin. Asih ingat pada pesan paklik Ayid.  "Sih, jangan lupa mantera pemikat yang paklik ajarkan" Asih mengangguk tanda mengiyakan.  Malam ini malam khusus buat Asih. Karena Kang Rangga berjanji datang pada pagelaran Gandrung yang diikuti Asih.  Asih bahagia sekali. Betapa tidak, kekasih pujaan hatinya akan ikut menari dengannya malam ini. Asih yakin dirinya akan menjadi primadona malam ini. Berkat mantera yang dirapalnya tadi. Dan juga berkat bedak pemikat yang paklik Ayid berikan khusus untuknya.  Malam ini Asih bertekad harus ber...

PENTIGRAF YANG MEMIKAT

          Senangnya bisa bersama satu komunitas yang memiliki visi sama yaitu mengembangkan literasi membaca dan menulis menjadi suatu budaya dan karakter.  Setelah mengikuti kegiatan sagusabu di Banyuwangi ,alhamdulillah saya bisa bersahabat dengan kawan kawan di seluruh nusantara yang ingin memiliki habit menulis dan menulis. Ditambah tantangan dari gurusiana semakin mengobarkan semangat untuk menulis. Banyak kawan dalam hal positif, banyak ilmu bertebaran, saya tinggal memungutinya dan memahaminya semampu saya.  Seperti Pentigraf.  Saya baru ngeh dengan itu setelah membaca tulisan Bu Mueti dan Pak He Dayat (Salam hormat untuk beliau berdua).  Saya tertarik, dan inilah hasil dari rasa tertarik saya.  Pentigraf singkatan dari Cerpen Tiga Paragraf. Menurut Wikipedia Karya sastra jenis baru ini, kali pertama digagas dan dikembangkan oleh sastrawan dan akademikus dari Unesa, Dr. Tengsoe Tjahjono. ...